☀Kurangi Keluh Kesah, Perbanyaklah Syukur☀



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Sahabat saudaraku fillah..


Tanpa kita sadari terkadang dalam sehari tak terhitung jumlahnya berapa kali kita mengeluh mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Hal yang manusiawi kita sesekali mengeluh karena memang sudah menjadi tabiat manusia yang suka berkeluh kesah " Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan ia amat kikir.... " ( QS. Al - Ma'arij : 19-21).


Padahal sesungguhnya kalau kita renungi amat banyak nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kita, namun kita lupa mensyukurinya. Salah satunya adalah nikmat sehat. Sudahkah meluangkan waktu untuk bersujud dan mengucap syukur dengan tulus karena Allah telah memberi nikmat sehat kepada kita? Coba kita renungkan berkat nikmat sehat itu banyak hal yang bisa kita kerjakan dengan lancar. Jikalau ada hambatan dan persoalan itu adalah seni kehidupan agar lebih berwarna , anggaplah itu semua sebagai ujian, tantangan dan cara Allah untuk mendewasakan kita.

Sesekali mengeluh boleh saja asal tidak menjadi kebiasaan . Dan kebiasaan itu kalau dibiarkan akan menjadi karakter yang sulit dihapus dari diri seseorang.
Ketahuilah sahabat saudaraku fillah.... Dengan kita memiliki karakter suka mengeluh sama halnya dengan melepaskan energi negatif ke alam semesta. Dan energi negatif itu berpulang kembali kepada diri kita. Orang yang memiliki karakter suka mengeluh akan membuat suasana tidak nyaman bagi orang- orang di sekitar akibatnya banyak orang yang tidak suka terhadap kita.


Untuk itulah kita perlu mengendalikan diri mana hal yang boleh dikeluhkan dan mana yang keluhan itu cukup diri kita dan Allah yang tahu. . Bagaimanakah cara mengendalikannya?


Biasakan menyampaikan keluh kesah kepada Allah.

Sebelum kita sampaikan kepada orang lain sampaikan kegundahan hati kita kepada Allah karena Dia lah Yang Maha Tahu segala persoalan dan kegundahan jiwa kita. ".... Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya." ( QS. Yusuf : 86).


Boleh berkeluh kesah kepada orang lain jika hal itu amat penting.

Boleh mengeluhkan permasalahan penting kepada orang lain asalkan dengan cara yang baik, tidak berlebihan dan tempat berkeluh kesah adalah orang yang baik dan dapat dipercaya.


Fokus terhadap solusi ( penyelesaian persoalan)

Boleh berkeluh kesah terhadap orang lain yang bisa dipercaya dengan maksud utuk mencari jalan keluar dari permasalahan .


Jangan membesar- besarkan hal- hal yang kecil.

Kita harus bisa membedakan mana persoalan kecil yang tidak usah dibesar- besarkan karena akan mengganggu pikiran kita.


Banyaklah bicara tentang nikmat Allah.

Pilihlah topik pembicaraan yang menyenangkan karena selain kita terhindar dari keluhan,topik seperti ini akan membuat suasana menjadi nyaman dan ini juga sebagai bukti rasa syukur kita atas nikmat Allah .


Ingat mereka yang kurang beruntung.

Salah satu cara supaya kita bisa menghargai nikmat Allah dan tidak sering mengeluh adalah sesekali lihatlah ternyata di luar sana masih banyak orang yang lebih menderita daripada kita namun mereka masih bertahan terhadap kerasnya kehidupan.


Kurangi ketegangan jiwa

Sesekali kita perlu menyendiri. Berhentilah sejenak, menjauhlah dari hingar bingar kehidupan, bersujudlah dan perbanyak tilawah Al-Qur-an agar jiwa kita kembali tenang.


Bacalah dan ambil hikmah dari kisah- kisah Nabi, Rasul dan orang orang yang sholeh, belajarlah bagaimana sikap dan cara mereka menyelesaikan persoalan.


Cari lingkungan yang baik

Bisa jadi kita terbiasa mengeluh karena lingkungan kita adalah orang yang tidak suka berbicara yang baik dan bermanfaat. Sudah saatnya kita mencari teman yang bisa membuat kita lebih baik.


Mengendalikan pembicaraan

Jangan biarkan perkataan sia- sia menghinggapi kita. Basahi lisan dengan banyak dzikir, bertobat ( istighfar ) dan perbanyak shalawat sesering mungkin. Dengan begitu kita akan terhindar dari perkataan yang sia- sia termasuk berkeluh kesah.


Sahabat saudaraku fillah... Marilah mulai sekarang kita banyak bersyukur atas nikmat Allah yang begitu banyak dilimpahkan kepada kita dan kurangi kebiasaan suka berkeluh kesah atas segala keadaan yang kurang menyenangkan, anggaplah ini semua sebagai episode kehidupan dan semua orang pasti akan mengalaminya.

Demikianlah sahabat saudaraku fillah... Semoga untaian ini bermanfaat..



Salam santun erat silaturrahmi ukhuwah fillah

♥♥˚°•˚◦♥♥◦˚°☀◦˚ ♥♥˚°•˚◦♥♥◦˚