“ Al-Quran adalah bacaan yang sangat Mulia “


Allah berfirman: Sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lohmahfuz), tida

Allah berfirman: Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (QS. Al-Maidah 5: 15-16)

Allah berfirman: Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, (QS. Al-Isra 17:9)

Allah berfirman: Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi Penawar dan Rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. Al-Isra 17:82)

Allah berfirman: Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan. (QS. Al Muzzammil – 73:4)

Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya hati manusia akan berkarat sebagaimana besi yang dirosakkan oleh air. Seorang sahabat telah bertanya, “Apakah caranya untuk menjadikan hati itu bersinar kembali?” Maka jawab Rasulullah, “Banyakkan mengingati maut dan membaca Al Quran.” (HR Baihaqi dari Ibn Umar)

Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda maksudnya : “Bacalah olehmu Al- Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat kepada para pembacanya..” (HR. Muslim)

Dari Aisyah r.a telah bersabda Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam: Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu itu mempunyai kemegahan yang mana manusia berbangga dengannya dan menjadi kemegahan kebanggaan umatku ialah Al-Quran yang mulia. (HR. Abu Nua'im)
k menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan Semesta Alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur'an ini?, (QS. Al-Waqiah 56: 77-81)