Turki: sengatan Quake timur Turki, ratusan dikhawatirkan tewas| berita umat terkini

Turki: sengatan Quake timur Turki, ratusan dikhawatirkan tewas

23-10-2011
Istanbul, (hari ini Zaman):

Gempa berkekuatan 7,2 mengguncang provinsi Turki timur Van pada hari Minggu, memicu runtuhnya beberapa bangunan dan menewaskan banyak orang.

Para Ýstanbul berbasis pusat seismologi Kandilli awalnya melaporkan bahwa besarnya adalah 6,6, tetapi kemudian dikoreksi menjadi 7,2. Gempa terjadi pada pukul 1:41 Its pusat gempa di desa Tabanli di provinsi timur Van, berbatasan dengan Iran, namun gempa juga terasa di pusat kota provinsi serta provinsi tetangga Bitlis, Muth, Batman, Diyarbakýr dan Hakkari. Gempa terjadi pada kedalaman 5 kilometer.

Bencana Departemen Perdana dan Emergency Management Direktorat (AFAD) mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah gempa yang gempa kuat dan menyebabkan kerusakan dan materi beberapa korban jiwa. Ini tidak memberikan angka untuk jumlah korban tewas. Gempa juga merobohkan beberapa bangunan di pusat kota Van, tetapi kerusakan paling serius adalah di kota tetangga Erciþ. Beberapa gempa susulan yang kuat juga dilaporkan.

Kandilli Direktur Profesor Mustafa Erdik juga mengatakan gempa menyebabkan kerusakan paling serius dalam Van dan Erciþ dan mereka meramalkan jumlah korban tewas akan setinggi 1.000. Kantor berita Cihan mengatakan sedikitnya 10 tewas dan 60 terluka dalam Erciþ.

Berbicara kepada wartawan tentang gempa, Wakil Perdana Menteri Atalay mengatakan Beþir menurut informasi yang ia terima dari Gubernur Van dan gubernur distrik Erciþ sekitar 10 bangunan roboh di Van dan sekitar 25 telah runtuh di Erciþ. Menyatakan bahwa mungkin ada kerusakan yang lebih serius di beberapa desa, ia menambahkan bahwa ia tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai jumlah korban tewas.

AFAD mengatakan lebih dari 500 pencarian dan penyelamatan dan petugas kesehatan dikirim ke Van dari hampir 40 provinsi. "Ada begitu banyak mati. Beberapa bangunan telah runtuh, ada begitu banyak kerusakan, "kata Zulfikar Arapoðlu, walikota Erciþ, NTV televisi. "Kami memerlukan bantuan mendesak, kita perlu tenaga medis."

Warga tumpah keluar ke jalan-jalan di panik sebagai pekerja penyelamat berjuang untuk menyelamatkan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan bangunan, rekaman televisi menunjukkan. Di Van, setidaknya dua bangunan runtuh, Bekir Kaya, walikota Van, kepada NTV. Salah satu struktur runtuh adalah gedung tujuh lantai, menurut kantor berita Anatolia milik pemerintah. "Sistem telepon macet karena panik dan kita tidak bisa langsung menilai sepenuhnya kerusakan," kata Kaya.

Bulan Sabit Merah Turki (Kýzýlay) mengumumkan bahwa sekitar 25 bangunan, termasuk hotel dan asrama mahasiswa, jatuh pingsan di Erciþ. Kýzýlay segera mulai mengirimkan bantuan ke zona gempa.

Mereka juga membentuk help desk untuk mengawasi perkembangan krisis di wilayah tersebut. Kýzýlay telah mulai mengirimkan tenda, selimut dan perlengkapan lainnya kepada Van dari depot logistik mereka di provinsi tetangga berbagai di daerah, terutama dari Erzurum.

Di Hakkari, sebuah kota sekitar 100 kilometer (60 mil) selatan kota Van di tenggara Turki, bangunan bisa dirasakan bergoyang-goyang selama sekitar 10 detik selama gempa. Tidak ada tanda-tanda langsung dari setiap korban atau kerusakan di Hakkari, sekitar dua-dan-setengah jam perjalanan melalui pegunungan dari Van, sekitar 20 kilometer dari pusat gempa.

Survei Geologi AS (USGS) juga melaporkan bahwa besarnya sebagai 7,2. USGS melaporkan besarnya awalnya sebagai 7,3, namun kemudian dikoreksi gambar. Ia menambahkan bahwa gempa memiliki kedalaman 20 kilometer (12,4 mil), yang relatif dangkal dan berpotensi menyebabkan kerusakan lebih.

Liputan televisi menunjukkan bangunan yang rusak dan kendaraan, hancur jatuh di bawah batu dan penduduk panik berkeliaran di jalanan. Media Turki mengatakan saluran telepon dan listrik telah dipotong. Perdana Menteri Recep Tayyip Erdoðan akan kepala ke Van untuk melihat kerusakan, media melaporkan. Partai Rakyat oposisi utama Republik (CHP) pemimpin Kemal Kýlýçdaroðlu juga mengumumkan bahwa ia akan pergi ke Van pada hari Senin.

Gempa bumi sering terjadi di Turki, yang dilintasi oleh jalur patahan beberapa, dan gempa bumi kecil adalah kejadian sehari-hari dekat. Dua gempa besar pada tahun 1999 menewaskan lebih dari 20.000 orang di barat laut Turki. Dua orang tewas dan 79 terluka dalam Mei ketika gempa mengguncang Simav, juga di barat laut Turki.