Festival Masjid Terindah di Belanda

Guna memperkenalkan masjid lebih dekat dengan masyarakat, komunitas Muslim Belanda menyelenggarakan festival masjid terindah. Menurut kantor berita ABNA, festival mesjid terindah Belanda diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan eksistensi umat Islam Belanda kepada seluruh masyarakat di negeri tersebut.

NTR, kantor berita resmi Belanda yang juga sebagai sponsor terselenggaranya festival tersebut menyebutkan kriteria mesjid yang terpilih adalah dari sisi keindahan arsitektural, lokasi keberadaan masjid dan sejauh mana memberi manfaat bagi masyarakat secara umum. "Khususnya kepada warga non-Muslim bukan hanya bagi umat Islam."

Dari situs berita lain disampaikan, di antara 10 mesjid yang memenuhi kriteria akan ditetapkan satu masjid yang paling indah.

Penyelenggaraan festival masjid ini adalah bentuk kampanye kepada warga non-Muslim Belanda, bahwa masjid adalah murni sebagai tempat peribadatan umat Islam, yang didalamnya saling mengingatkan mengenai anjuran kebaikan, keimanan dan nilai-nilai ketakwaan. Meskipun sekarang jumlahnya ribuan, Muslim Belanda masih sering dicurigai oleh komunitas non Muslim Belanda sebagai kelompok teroris yang kapan saja bisa menebar bencana.

Sumber: Republika