╰☆╮•♥Iri Yang Diperbolehkan♥•╰☆╮

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Sahabat saudaraku fillah... Allah menciptakan malaikat sebagai simbol makhluk yang taat, iblis merupakan simbol makhluk yang pembangkang, sedangkan manusia kedua sifat
tersebut ada dalam dirinya karena dibekali akal, nafsu dan keinginan. Melalui tiga hal ini manusia bisa lebih mulia daripada malaikat namun bisa pula membangkang melebihi iblis.


Saudaraku, salah satu sifat pembangkangan ini karena didasari rasa iri. Tanpa kita sadari sifat iri sering menghinggapi hati. Rasulullah memahami warisan iblis yang membahayakan ini. Oleh karena itu beliau memotivasi umatnya agar membelokkan sifat iri pada sesuatu yang baik dan bermanfaat .Dari Abdullah bin Umar bahwasannya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : "Tidak boleh hasad (iri) kecuali dalam dua hal, yaitu seseorang yang datang kepadanya Al-Qur'an lalu ia membacanya setiap malam dan siang, dan seseorang yang diberinya harta oleh Allah lalu menafkahkannya siang dan malam."( HR.Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad ).


Sungguh.. sifat iri dalam hadits di atas adalah iri yang baik dan membangun karena membuat kita termotivasi ingin seperti mereka namun tidak memiliki keinginan untuk mencelakakannya.


Silahkan ditag/share.Salam santun erat silaturrahim dan ukhuwah fillah