5 MENIT YANG SANGAT BERMANFAAT!

Seringkali datang rasa malas dlm benak kita utk melakukan amal ketaatan yg sebenarnya ringan, itulah lihainya setan dlm menggoda manusia.

Diantara tips untuk melawan kemalasan ini adalah dengan MENYEDERHANAKAN sebuah amalan, yakni menyadarkan diri bahwa amalan itu sangat ringan dan sederhana, hanya butuh 5 MENIT saja!

Ketika Anda malas sholat sunnah 2 rakaat sebelum atau sesudah sholat wajib, maka katakan pada diri Anda dan lihatlah jam: "Hanya butuh kurang dari lima menit, masa pelit beramal utk diri sendiri?!"

Ketika Anda malas membaca Qur'an, maka katakan pada diri Anda: "Cobalah membaca Qur'an, lima meniiit saja, pahala untuk selamanya lo..."

Ketika Anda malas untuk membaca dzikir-dzikir setelah sholat fardhu, katakan pada diri Anda: "Tidak maukah berdzikir meski hanya lima menit?! bukankah telah banyak waktu yg terbuang tanpa pahala?!"

Selamat mencoba tips ini, dan ikutilah gerakan jam untuk membuktikannya bila diinginkan dan dimungkinkan, insyaAllah akan banyak amal ibadah yang bisa Anda lakukan...

Bilangan "5 menit" di sini hanyalah sebagai perwakilan untuk bagian kecil dari waktu Anda, sehingga bila masih terlihat banyak, maka bisa diganti dg 4, 3, 2, 1 menit... dan bila terlihat terlalu sedikit, bisa diganti dg 6,7,8, dst...

Metode seperti ini juga tersirat dlm beberapa hadits, diantaranya sabda Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-

"Ada DUA kalimat yg RINGAN di lisan, dicintai oleh Arrohman, dan berat dalam timbangan; subhanallahi wabihamdih, subhanallahil azhim"

by Ustadz Musyaffa Ad Dariny, M.A.