Turki: lingkaran keuangan Turki untuk memboikot Reuters melalui PKK pelaporan| berita umat terkini

Turki: lingkaran keuangan Turki untuk memboikot Reuters melalui PKK pelaporan

22-10-2011
Istanbul, (hari ini Zaman):

Bank Turki dan lembaga keuangan lainnya tidak akan berbagi komentar dengan atau memberikan pernyataan atau wawancara kepada Reuters memprotes penolakan berita internasional lembaga tersebut untuk mengacu pada gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) sebagai teroris, laporan berita mengatakan pada hari Kamis, meskipun mereka sumber tidak jelas.

Reuters, yang membela dirinya dengan mengatakan tidak pernah menggunakan kata teroris untuk kelompok apapun, mengacu pada PKK militan sebagai "pemberontak." Masalah ini telah mengganggu para pejabat Turki selama beberapa waktu, tetapi ini adalah pertama kalinya aksi kolektif sedang diambil dalam protes di setiap segmen masyarakat Turki. Perdana Menteri Recep Tayyip ErdoĆ°an di masa lalu telah mengecam Reuters dan layanan berita BBC untuk menggunakan kata pemberontak.

Situs berita Turki dan kantor berita melaporkan bahwa semua bank-bank besar, yang perbendaharaan departemen yang penting untuk laporan harian Reuters keuangan, tidak akan berbagi informasi dengan kantor berita Reuters sampai mulai menggunakan kata teroris untuk menyebut anggota PKK. Namun, tidak ada pernyataan resmi yang dibuat oleh lembaga keuangan atau individu.

Reuters adalah sumber berita yang paling disukai bagi investor baik asing dan domestik untuk lelang Bank Sentral Turki. Sumber yang tidak disebutkan namanya dalam laporan berita pada hari Kamis dan Jumat mengatakan penolakan dunia keuangan Turki untuk berbicara kepada Reuters belum dimulai sebagai protes terorganisir tetapi banyak orang bergabung di setelah individu menolak untuk memberikan keterangan kepada badan tersebut.

Turki mengatakan laporan Reuters, yang memiliki larangan kategoris pada penggunaan kata teroris, menggambarkan pemboman oleh Palestina di Yerusalem pada bulan Maret tahun ini sebagai teroris. Namun, kata dalam berita itu dalam tanda kutip dan merupakan bagian dari kutipan dikaitkan dengan polisi Israel. Kebijakan editorial Reuters adalah untuk hanya memungkinkan kata yang akan digunakan dalam kutipan.