- Menentukan Penarikan kesimpulan dari beberapa Premis
Implikasi:
p→q (jika p maka q)
Disjungsi:
pVq ( p atau q)
Konjungsi:
pq ( p dan q)
-(p
q) -pq
- (p q) -p -q
-(p q) -p -q
-(p q) -(-p q)
p -q
-(p q) -(-q-p )
-(q -p)
-q p
Penarikan kesimpulan
- Modus Ponen;
Premis 1 : pq
Premis 2 : p
Kesimp
: q
- Modus Tolens;
Premis 1 : pq
Premis 2 : ~q
Kesimp
: ~p
- Kaidah Silogisma
Premis 1 :
pq
Premis 2 : qr
Kesimp
: pr
Contoh:
1. Diketahui premis-premis sebagai berikut;
- Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
- Budi lulus ujian
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :
2.
Diketahui premis-premis sebagai berikut;
- Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
- Budi tidak kuliah di Perguruan Tinggi
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :
3.
Diketahui premis-premis sebagai berikut;
- Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
- Jika Budi kuliah di Perguruan Tinggi maka ia menjadi sarjana
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :
Soal latihan
1. Diketahui
premis-premis berikut:
i.
Jika Anik lulus ujian, maka ia
kuliah di perguruan tinggi negeri.
ii.
Jika Anik kuliah di perguruan
tinggi negeri, maka Anik jadi sarjana.
iii.
Anik bukan sarjana
Kesimpulan yang sah dari ketiga
premis di atas adalah …
A. Anik
lulus ujian
B. Anik
kuliah di perguruan tinggi negeri
C. Anik
tidak lulus ujian
D. Anik
lulus ujian dan kuliah diperguruan tinggi negeri
E. Anik
lulus ujian dan tidak kuliah
2. Diketahui premis-premis:
i.
Jika Marni rajin belajar atau patuh pada orang tua, maka ibu membelikan
sepatu baru.
ii. Ibu
tidak membelikan sepatu baru
Kesimpulan yang sah adalah …
A. Marni
rajin belajar atau Marni patuh pada orang tua.
B.Marni rajin
belajar dan Marni patuh pada orang tua.
C. Marni
tidak rajin belajar atau Marni patuh pada orang tua.
D. Marni
tidak rajin belajar dan Marni patuh pada orang tua.
E. Marni tidak rajin belajar dan Marnitidak patuh
pada orang tua.
2. Menentukan ingkaran atau
kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
|
|
invers
konvers kontra posisi konvers
|
|
Implikasi: p→q (jika p maka q)
Disjungsi: pVq ( p atau q)
Konjungsi: pq ( p dan q)
(p q) -pq
- (p q) -p -q
-(p q) -p -q
-(p q) -(-p q)
p -q
-(p q) -(-q-p )
-(q -p)
-q p
Jika hari hujan maka pakai payung
Hari tidak hujan atau pakai payung
Jika
tidak pakai payung maka hari tidak hujan
Hari
hujan dan tidak pakai payung
Pernyataan berkuantor
Kuantor
Universal: baca”setiap” atau
“semua”
Kuantor
Eksistensial : baca”ada” atau
“beberapa”
p= Semua Kucing berwarna putih
-p=
tidak semua kucing
berwarna putih
-p=
Beberapa (ada) kucing berwarna bukan
putih
p=
Beberapa (Ada) siswi pakai kerudung
-p=
Tidak ada siswi pakai
kerudung
-p=
Semua siswi tidak pakai
kerudung
q =
4+5 > 8
-q = 4+5 8
Contoh
1.
Tentukan ingkaran dari pernyataan berikut
a.
Rajin belajar atau tidak naik kelas
b. Belanja ke
pasar dan belajar ke tempat teman.
c. Jika naik
kelas maka pergi ke puncak
d. Semua siswa
ingin lulus
e. Ada motor
tidak punya nomor polisi
2. Tentukan
nilai kebenaran yang sama (kontraposisi) dengan kalimat berikut.
a. Jika ia
tidak melanggar aturan maka tidak kena sangsi
b.
Jika x+1 ≥ 0 maka x2 > 1
Soal latihan
1. Ingkaran dari pernyataan “Semua anak-anak
suka bermain air.” adalah …
a. Tidak ada anak-anak yang suka bermain
air.
b. Semua anak-anak tidak suka
bermainair.
c. Ada anak-anak yang tidak suka
bermainair
d. Tidak ada anak-anak yang tidak
sukabermain air.
e.
Ada anak-anak suka bermain air.
2. Negasi
dari pernyataan “Hari ini tidak hujan dan saya tidak membawa payung” adalah …
a.
Hari ini hujan tetapi saya tidak membawa payung
b. Hari ini tidak hujan tetapi saya membawa
payung
c.
Hari ini tidak hujan atau saya tidak
membawa payung
d.
Hari ini hujan dan saya membawa payung
e.
Hari ini hujan atau saya membawa payung
3. Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
Sifat-sifat bilangan
berpangkat
Sifat-sifat akar
1.
Penjumlahan dan pengurangan
2.
Perkalian lebih dari satu suku
3.
Sifat-sifat logaritma
……..…….
Contoh
1.
Nilai n yang memenuhi
A. 6 B. 12
C. 18 D.
24 E. 32
2.
Nilai n yang memenuhi = …
A. -20 B. -18 C. -12
D. 18 E. 20
3.
A.27p B. C.81p D. 9q E. 81q
4.
, maka nilai x = ….
A. B. C. D. E.
5.
Jika dan maka nilai x+y=
A. 21 B. 20 C. 18
D. 16 E. 14
7. Nilai x dari
8.
Jika x=25 dan y= 64, maka nilai
A. -2.000
B. C. D. 100 E.
2000
9. Jika dan maka a/b = …
10. Jika
10. Nilai x yang memenuhi persamaan:
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari
1.
2.
3.
4.
5.
Latihan
1. Nilai dari
a. 3 b. 2
c. 1½ d. ⅔ e. ½
2. Nilai dari
a. 60
b. 12 c.20/9 d.
9/20 e.
3. Untuk x yang memenuhi persamaan
log16= 8, maka 32 x adalah
….
a. 19 b. 32 c. 52
d. 144 e. 208
4. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
Bentuk Umum
persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0
Akar-akar persamaan
ax2+bx+c =0, adalah x1 dan x2, maka x1+x2=-b/a x1.x2= c/a
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya x1+x2
dan x1.x2 adalah x2 - ( x1+x2)x
+ x1.x2 = 0
Dua akar saling berkebalikan a = c
Dua akar saling berlawanan b = 0
Contoh soal
1.
Bila akar-akar persamaan kuadrat 3x2+8x+4=0 adalah p dan q, maka
persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya p2 dan q2 adalah
….
2.
Bila akar-akar persamaan kuadrat 3x2+8x+4=0 adalah x1 dan
x2, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya x1+1
dan x2+1 adalah ….
3.
Bila akar-akar persamaan kuadrat x2+2x+3=0
adalah α
dan
β, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (α
- 1) dan ( β
- 1) adalah
4. x1 dan x2 adalah
akar-akar persamaan 6x2+5x+1=0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya
kebalikan dari akar-akar persamaan tersebut adalah ….
‘5. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya
dua kali akar-akar persamaan x2+8x+10=0 adalah ….
6. Persamaan kuadrat x2+5x+1=0
mempunyai akar-akar x1
dan x2. Persamaan kuadrat baru yang
akar-akarnya 1/x1
+1/x2. dan x12
+x22
adalah ….
Soal Latihan
1. Akar-akar persamaan kuadrat x2+
(a – 1)x +2 = 0 adalah α dan β. Jika α =
2β dan a > 0 maka nilai a = …
a. 2 b. 3 c. 4
d. 6 e. 8
2. Jika (x + a)(x – 3) = x2 +
6x – 27, maka nilai a sama dengan …
a. –9
b. –2 c. 2 d. 3 e. 9
3. Diketahui akar-akar persamaan kuadrat
2x2 – 4x + 1 = 0 adalah α dan β. Persamaan kuadrat baru yang
akar-akarnya α/ β dan β/α adalah ….
a. x2 – 6x + 1 = 0 c. x2 – 3x + 1 = 0 e. x2 – 8x – 1 = 0
b. x2 + 6x + 1 = 0 d. x2 + 6x – 1 = 0
4. Persamaan kuadrat 2x2 + 3x
– 5 = 0, mempunyai akar-akar x1 dan x2. Persamaankuadrat
baru yang akar-akarnya (2x1 – 3) dan (2x2 – 3) adalah …
a. 2x2 + 9x + 8 = 0 d. 2x2 – 9x + 8 = 0
b. x2 + 9x + 8 = 0
e. x2 + 9x – 8 = 0
c. x2 – 9x – 8 = 0
5. Jika x1 dan x2 akar-akar
persamaan x2 + px +1 = 0, maka persamaan kuadrat yang akarakarnya
dan adalah …
a.
x2 – 2p2x + 3p = 0
d. x2 – 3p2x + p2 = 0
b. x2 + 2px + 3p2
= 0 e. x2 + p2x + p = 0
c.
x2 + 3px + 2p2 = 0
7. Kedua akar persamaan x2 –
2px + 3p = 0 mempunyai perbandingan 1 : 3. Nilai dari 2p adalah …
a. –4 b. –2 c. 2 d. 4
e. 8
5.
Menyelesaikan masalah persamaan atau
fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
Jenis
dan sifat-sifat akar persamaan kuadrat
·
Jika D≥0 maka akar-akarnya real
·
Jika D>0 maka akar-akarnya
real dan berbeda
·
Jika D=0 maka akar-akarnya real
dan sama (kembar)
·
Jika D<0 maka akar-akarnya
real
·
Kedua akar real positif
·
Kedua akar real negatif
·
Kedua akar berlawanan b=0
·
Satu akar positif , satu negatif
·
Saling berkebalikan a=c
Contoh
Soal
1. Berapakah nilai k harus
diambil supaya f(x)= kx2+16x+4k
selalu mempunyai nilai positif?
A. k<-4 atau k>4 B.
-4<k<4 C.
0<k<4 D. k>4 E. k<4
2. Persamaan (m-1)x2+4x+2m=0
mempunyai akar-akar real, maka nilai m adalah ….
A. -1≤m≤2 C. 1≤m≤2 E. m≤-2 atau m≥1
B. -2≤m≤1 D. E. m≤-1 atau m≥2
3. Agar persamaan kuadrat x2+ (a-2)x+
a-2=0 mempunyai akar nyata, maka nilai a yang memenuhi adalah ….
A. -6≤a≤-2 C. a≤-6 atau a≥-2 E.a≤-2 atau a≥6
B. 2≤a≤6
E. a≤2 atau a≥6
4. Persamaan kuadrat px2-4x+3=0 mempunyai akar-akar
yang sama. Nilai p= ….
A. -4/3 B. -3/4 C. -1/4 D. ¾ E. 4/3
5. Jika f(x)=kx2+6x-9 selalu bernilai
negatif untuk setiap x. maka k harus memenuhi …
A. k<-9 B. k<-1 C. k<0 D. k<1 E. k<6
6. diketahui 4x2 - 2mx + 2m-3 =0,
supaya kedua akaynya real dan berbeda dan positif haruslah …
A.
m>0 C. 3/2<m,2 atau
m>6
B.
m>3/2 D. m>6 E. m<2 atau m>6
Soal Latihan
1. Persamaan kuadrat mx2 + (m
– 5)x – 20 = 0, akar-akarnya saling berlawanan. Nilai m = …
a. 4
b. 5 c. 6 d. 8
e. 12
2.. Persamaan kuadrat (k + 2)x2
– (2k – 1)x + k –1 = 0 mempunyai akar-akar nyata dan sama. Jumlah kedua akar
persamaan tersebut adalah…
a. b. c. d. e.
3. Agar persamaan
kuadrat x2 + (a – 1)x – a + 4 = 0 mempunyai dua akar nyata berbeda,
maka nilai a yang memenuhi adalah …
a. a < –5 atau a > 3
d. –5 < a < 3
b. a < –3 atau a > 5 e. –3 < a < 5
c. a < 3 atau a > 5
6.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linier
1. Sebuah kawat yang panjangnya 10 meter
akan dibuat bangun yang berbentuk 3 persegi panjang kongruen seperti gambar di
bawah ini. Luas maksimum daerah yang dibatasi oleh kawat tersebut adalah …
a. 3,00 m2
b. 6,00 m2 b
c. 6,25 m2
d. 6,75 m2
b
e. 7,00 m2
a a
2. Untuk memproduksi x unit barang per
hari diperlukan biaya (2x2 – 8x + 15) ribu rupiah. Bila barang
tersebut harus dibuat, biaya minimum diperoleh bila per hari diproduksi
sebanyak … unit
a. 1
b. 2 c. 5 d. 7 e. 9
3.
Keliling persegi panjang 36 cm, panjang dan lebarnya agar luasnya
maksimum adalah ….
a. 32 cm dan 4 cm c. 18
cm dan 18 cm e. 9 cm dan 9 cm
b. 24 cm
dan 12 cm d. 10 cm dan 8 cm
7.
Mentukan
persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran
Persamaan lingkaran dengan adalah x2
+ y2 = r2
Persamaan lingkaran dengan adalah
Persamaan lingkaran dengan adalah
Pers grs singgung x2 + y2 = r2 di (x1,y1 )
adalah x1x + y1y
= r2
Persamaan grs singgung di (x1,y1
)
adalah
Persamaan garis
singgung di (x1,y1
)
Persamaan grs singgung dengan gradien m adalah
(y-b)
= m(x-a) ± r √(m2+1)
Persamaan
garis singgung saling tegak lurus m1.m2=-1
Persamaan
garis singgung saling sejajar m1=m2
Latihan Soal
1.
Persamaan garis singgung di titik (5,-2) adalah
2.
Persamaan garis singgung di titik
(-6,1) adalah ….
3.
Persamaan garis singgung melalui titik (7,2)
adalah ….
4.
Persamaan garis singgung melalui titik (5,1)
adalah ….
5.
Garis singgung di (-3,4) menyinggung
lingkaran dengan pusat (10,5) dan jari-jari r. Nilai r adalah …
Soal
Latihan
1. Persamaan garis singgung melalui titik (2, 3)
pada lingkaran x2 + y2
= 13 adalah …
a. 2x – 3y = 13 d. 3x – 2y = –13
b. 2x + 3y = –13 e. 3x + 2y = 13
c. 2x + 3y = 13
2. Persamaan garis singgung lingkaran
x2 + y2 –
4x + 2y – 20 = 0 di titik P(5,3) adalah…
a. 3x – 4y + 27 = 0 d. 3x + 4y – 17 = 0
b. 3x + 4y – 27 = 0 e. 3x + 4y –7 = 0
c. 3x + 4y –7 = 0
3. Persamaan garis singgung lingkaran
x2 + y2 –
6x + 4y – 12 = 0 di titik P(7, –5) adalah…
a. 4x – 3y = 43 d. 10x + 3y = 55
b. 4x + 3y = 23 e. 4x – 5y = 53
c. 3x – 4y = 41
4. Persamaan garis singgung
lingkaran
x2 + y2 –
4x + 4y + 6 = 0 di titik yang absisnya
3 adalah
a. x + y + 2 = 0 d. x – y + 2 = 0
b. x – y – 2 = 0 e. –x + y + 2 = 0
c. x + y – 2 = 0
5. Salah satu persamaan garis singgung
dari titik (0, 4) pada lingkaran x2 + y2 = 4 adalah …
a. y = x + 4 d. y = – 3 x + 4
b. y = 2x + 4 e. y = – 2 x + 4
c. y = –x + 4
6. Persamaan
garis singgung lingkaran x2 + y2 - 2x - 4y -20 = 0 sejajar garis 4x-3y=6
adalah….
a. 4y = 3x-20 dan 4y = 3x-30 d. 3y = 4x+9 dan 3y = 4x-23
b. 4y = 3x+20 dan 4y = 3x+30 e. 3y = 4x+27 dan 3y = 4x-27
c. 3y = 4x+27 dan 3y = 4x-23