kisi kisi matematika


  1. Menentukan Penarikan kesimpulan dari beberapa Premis
Implikasi: p→q (jika p maka q)
Disjungsi: pVq ( p atau q)
Konjungsi: pq ( p dan q)

-(p q)   -pq 
   - (p q)   -p  -q
    -(p q)   -p  -q
   -(p q)   -(-p  q)
                      p -q
   -(p q)   -(-q-p )
                    -(q  -p)
                    -q  p
Penarikan kesimpulan
  1. Modus Ponen;

Premis 1 :     pq 
Premis 2 :     p
        Kesimp   :     q

  1. Modus Tolens;

Premis 1 :     pq 
Premis 2 :           ~q
Kesimp    :  ~p

  1. Kaidah Silogisma

Premis 1 :     pq 
Premis 2 :     qr 
Kesimp   :     pr
Contoh:
1.  Diketahui premis-premis sebagai berikut;
  1. Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
  2. Budi lulus ujian
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :
2.  Diketahui premis-premis sebagai berikut;
  1. Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
  2. Budi tidak kuliah di Perguruan Tinggi
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :
3. Diketahui premis-premis sebagai berikut;
  1. Jika Budi lulus ujian maka ia kuliah di Perguruan tinggi
  2. Jika Budi  kuliah di Perguruan Tinggi maka ia menjadi sarjana
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah :



Soal latihan
1.    Diketahui premis-premis berikut:
i.          Jika Anik lulus ujian, maka ia kuliah di perguruan tinggi negeri.
ii.         Jika Anik kuliah di perguruan tinggi negeri, maka Anik jadi sarjana.
iii.        Anik bukan sarjana
Kesimpulan yang sah dari ketiga premis di atas adalah …
A.   Anik lulus ujian
B.   Anik kuliah di perguruan tinggi negeri
C.   Anik tidak lulus ujian
D.   Anik lulus ujian dan kuliah diperguruan tinggi negeri
E.    Anik lulus ujian dan tidak kuliah

2. Diketahui premis-premis:
   i.  Jika Marni rajin belajar atau patuh pada orang tua, maka ibu membelikan sepatu baru.
   ii.  Ibu tidak membelikan sepatu baru

Kesimpulan yang sah adalah …
A.   Marni rajin belajar atau Marni patuh pada orang tua.
B.Marni rajin belajar dan Marni patuh pada orang tua.
C.   Marni tidak rajin belajar atau Marni patuh pada orang tua.
D.   Marni tidak rajin belajar dan Marni patuh pada orang tua.
E.  Marni tidak rajin belajar dan Marnitidak patuh pada orang tua.


2.    Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
-p→-q
 
p→q
 
Kesetaraan pernyataan majemuk
                                           invers
     konvers                                         kontra posisi                                    konvers
-q→-p
 
q→p
 
                                            invers

 
  Implikasi: p→q (jika p maka q)
  Disjungsi: pVq ( p atau q)
  Konjungsi: pq ( p dan q)



    (p q)   -pq 
   - (p q)   -p  -q
    -(p q)   -p  -q
   -(p q)   -(-p  q)
                      p -q
   -(p q)   -(-q-p )
                    -(q  -p)
                    -q  p

Jika hari hujan maka pakai payung

 Hari tidak hujan atau pakai payung

Jika tidak pakai payung maka hari tidak hujan

Hari hujan dan tidak pakai payung


 Pernyataan berkuantor
Kuantor Universal:  baca”setiap” atau “semua”
Kuantor Eksistensial : baca”ada” atau “beberapa”

 p= Semua Kucing berwarna putih
-p= tidak semua kucing berwarna putih
-p= Beberapa (ada) kucing berwarna bukan putih


p= Beberapa (Ada) siswi pakai kerudung
-p= Tidak ada siswi pakai kerudung
-p= Semua siswi tidak pakai kerudung

 q =         4+5 > 8
 -q =        4+5  8
Contoh
1.      Tentukan ingkaran dari pernyataan berikut
a.                               Rajin belajar atau tidak naik kelas
b.      Belanja ke pasar dan belajar ke tempat teman.
c.       Jika naik kelas maka pergi ke puncak
d.      Semua siswa ingin lulus
e.       Ada motor tidak punya nomor polisi
2.      Tentukan nilai kebenaran yang sama (kontraposisi) dengan kalimat berikut.
a.       Jika ia tidak melanggar aturan maka tidak kena sangsi
b.                              Jika x+1 ≥ 0 maka x2 > 1

Soal latihan
1.  Ingkaran dari pernyataan “Semua anak-anak suka     bermain air.” adalah …
a. Tidak ada anak-anak yang suka bermain air.
b. Semua anak-anak tidak suka bermainair.
c. Ada anak-anak yang tidak suka bermainair
d. Tidak ada anak-anak yang tidak sukabermain air.
e. Ada anak-anak suka bermain air.

2.       Negasi dari pernyataan “Hari ini tidak hujan dan  saya tidak membawa  payung” adalah …
a. Hari ini hujan tetapi saya tidak membawa payung
b. Hari ini tidak hujan tetapi saya membawa  
    payung
c. Hari ini tidak hujan atau saya tidak
    membawa payung 
d. Hari ini hujan dan saya membawa payung
e. Hari ini hujan atau saya membawa payung


3.      Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.

Sifat-sifat bilangan berpangkat

                  
                
                  
                         
                

Sifat-sifat akar
1.      Penjumlahan dan pengurangan

     


2.      Perkalian lebih dari satu suku


3.      Sifat-sifat logaritma
  ……..……. 

 

Contoh
1.       Nilai n yang memenuhi
        A.  6    B. 12     C. 18     D.  24    E. 32
2.       Nilai n yang memenuhi = …
        A. -20    B. -18     C. -12     D.  18    E. 20
3. 
      A.27p       B.       C.81p       D. 9q      E. 81q
4.   , maka nilai x = ….
    A.      B.       C.       D.     E.
5.  Jika   dan  maka nilai x+y=
     A. 21    B. 20      C. 18     D. 16      E. 14
7. Nilai x dari
8.   Jika x=25 dan y= 64, maka nilai
      A.  -2.000     B.     C.      D. 100      E. 2000
9.  Jika   dan  maka a/b = …
10.  Jika
10. Nilai x yang memenuhi persamaan:     
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari
1. 
2.
3. 
4. 
5.  

Latihan
1. Nilai dari
     a. 3      b. 2         c. 1½        d. ⅔         e. ½

2. Nilai dari
     a. 60                b. 12                   c.20/9      d. 9/20         e.
3. Untuk x yang memenuhi persamaan
log16= 8, maka 32 x  adalah ….

   a. 19     b. 32        c. 52    d. 144     e. 208

4.       Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

Bentuk Umum persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0
Akar-akar persamaan   ax2+bx+c =0, adalah x1 dan x2, maka x1+x2=-b/a      x1.x2= c/a
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya x1+x2 dan x1.x2 adalah x2 - ( x1+x2)x + x1.x2 = 0
Dua akar saling berkebalikan     a = c
Dua akar saling berlawanan       b = 0
Contoh soal
1. Bila akar-akar persamaan kuadrat 3x2+8x+4=0 adalah p dan q, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya p2 dan q2 adalah ….
2. Bila akar-akar persamaan kuadrat 3x2+8x+4=0 adalah x1 dan x2, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya x1+1 dan x2+1 adalah ….
3. Bila akar-akar persamaan kuadrat x2+2x+3=0 adalah α  dan β, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (α - 1) dan ( β - 1) adalah
4.  x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan  6x2+5x+1=0.  Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya kebalikan dari akar-akar persamaan tersebut adalah ….
‘5. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya dua kali akar-akar persamaan x2+8x+10=0 adalah ….
6. Persamaan kuadrat  x2+5x+1=0 mempunyai akar-akar x1 dan x2. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 1/x1 +1/x2.   dan x12 +x22
adalah ….
Soal Latihan
1. Akar-akar persamaan kuadrat x2+ (a – 1)x +2 = 0 adalah α dan β. Jika α = 2β dan a > 0 maka nilai a = …
   a. 2        b. 3     c. 4       d. 6      e. 8

2. Jika (x + a)(x – 3) = x2 + 6x – 27, maka nilai a sama dengan …
    a. –9      b. –2     c. 2         d. 3        e. 9

3. Diketahui akar-akar persamaan kuadrat 2x2 – 4x + 1 = 0 adalah α dan β. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya α/ β   dan β/α adalah ….
     a. x2 – 6x + 1 = 0    c. x2 – 3x + 1 = 0     e. x2 – 8x – 1 = 0
     b. x2 + 6x + 1 = 0    d. x2 + 6x – 1 = 0

4. Persamaan kuadrat 2x2 + 3x – 5 = 0, mempunyai akar-akar x1 dan x2. Persamaankuadrat baru yang akar-akarnya (2x1 – 3) dan (2x2 – 3) adalah …
    a. 2x2 + 9x + 8 = 0        d. 2x2 – 9x + 8 = 0
   b. x2 + 9x + 8 = 0        e. x2 + 9x – 8 = 0
    c. x2 – 9x – 8 = 0

5. Jika x1 dan x2 akar-akar persamaan x2 + px +1 = 0, maka persamaan kuadrat yang akarakarnya
   dan  adalah …
a. x2 – 2p2x + 3p = 0         d. x2 – 3p2x + p2 = 0
b. x2 + 2px + 3p2 = 0         e. x2  + p2x + p = 0
c. x2 + 3px + 2p2 = 0

7. Kedua akar persamaan x2 – 2px + 3p = 0 mempunyai perbandingan   1 : 3. Nilai dari 2p adalah …
    a. –4        b. –2        c. 2      d. 4      e. 8

5.      Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
Jenis dan sifat-sifat akar persamaan kuadrat
·         Jika D≥0 maka akar-akarnya real
·         Jika D>0 maka akar-akarnya real dan berbeda
·         Jika D=0 maka akar-akarnya real dan sama (kembar)
·         Jika D<0 maka akar-akarnya real
·         Kedua akar real positif
·         Kedua akar real negatif
·         Kedua akar berlawanan     b=0
·         Satu akar positif , satu negatif
·         Saling berkebalikan    a=c

Contoh Soal

1. Berapakah nilai k harus diambil supaya f(x)= kx2+16x+4k  selalu mempunyai nilai positif?
A.  k<-4 atau k>4   B.  -4<k<4   C. 0<k<4   D. k>4  E. k<4          
2.  Persamaan (m-1)x2+4x+2m=0 mempunyai akar-akar real, maka nilai m adalah ….
     A. -1≤m≤2      C. 1≤m≤2       E. m≤-2 atau m≥1
B.  -2≤m≤1      D. E. m≤-1 atau m≥2
3.  Agar persamaan kuadrat x2+ (a-2)x+ a-2=0 mempunyai akar nyata, maka nilai a yang memenuhi adalah ….
    A. -6≤a≤-2    C. a≤-6 atau a≥-2    E.a≤-2 atau a≥6
    B.  2≤a≤6      E. a≤2  atau a≥6
4.  Persamaan kuadrat   px2-4x+3=0 mempunyai akar-akar yang sama. Nilai p= ….
     A. -4/3          B. -3/4          C. -1/4         D. ¾        E. 4/3
5.  Jika f(x)=kx2+6x-9 selalu bernilai negatif untuk setiap x. maka k harus memenuhi …
     A. k<-9        B. k<-1            C. k<0           D. k<1      E. k<6
6.  diketahui 4x2 - 2mx + 2m-3 =0, supaya kedua akaynya real dan berbeda dan positif haruslah …
    A.  m>0         C. 3/2<m,2 atau m>6
    B.  m>3/2      D. m>6           E. m<2 atau m>6
Soal Latihan
1. Persamaan kuadrat mx2 + (m – 5)x – 20 = 0, akar-akarnya saling berlawanan. Nilai m = …
    a. 4         b. 5     c. 6       d. 8      e. 12
2.. Persamaan kuadrat (k + 2)x2 – (2k – 1)x + k –1 = 0 mempunyai akar-akar nyata dan sama. Jumlah kedua akar persamaan tersebut adalah…
    a.        b.          c.            d.         e.
3. Agar persamaan kuadrat x2 + (a – 1)x – a + 4 = 0 mempunyai dua akar nyata berbeda, maka nilai a yang memenuhi adalah …
    a. a < –5 atau a > 3         d. –5 < a < 3
    b. a < –3 atau a > 5          e. –3 < a < 5
    c. a < 3 atau a > 5

6.            Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linier
1. Sebuah kawat yang panjangnya 10 meter akan dibuat bangun yang berbentuk 3 persegi panjang kongruen seperti gambar di bawah ini. Luas maksimum daerah yang dibatasi oleh kawat tersebut adalah …
   a. 3,00 m2
   b. 6,00 m2                                                        b
   c. 6,25 m2
   d. 6,75 m2                                                        b
   e. 7,00 m2
                                      a                     a

2. Untuk memproduksi x unit barang per hari diperlukan biaya (2x2 – 8x + 15) ribu rupiah. Bila barang tersebut harus dibuat, biaya minimum diperoleh bila per hari diproduksi sebanyak … unit
     a. 1       b. 2       c. 5       d. 7       e. 9
3.  Keliling persegi panjang 36 cm, panjang dan lebarnya agar luasnya maksimum adalah ….
     a. 32 cm dan 4 cm       c. 18 cm dan 18 cm     e. 9 cm dan 9 cm

     b. 24 cm dan 12 cm     d. 10 cm dan 8 cm

7.      Mentukan persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran

Persamaan lingkaran dengan adalah x2 + y2 = r2  
Persamaan lingkaran dengan adalah  
Persamaan lingkaran dengan adalah

 Pers grs singgung  x2 + y2 = r2   di (x1,y1 ) adalah     x1x + y1y = r2
 Persamaan grs singgung   di (x1,y1 )
     adalah
Persamaan garis singgung  di (x1,y1 )
 Persamaan grs singgung   dengan  gradien m adalah
               (y-b) = m(x-a) ± r √(m2+1)
Persamaan garis singgung saling tegak lurus m1.m2=-1
Persamaan garis singgung saling sejajar m1=m2

Latihan Soal
1.       Persamaan garis singgung di titik (5,-2) adalah
2.       Persamaan garis singgung    di titik     (-6,1)  adalah ….
3.       Persamaan garis singgung   melalui titik (7,2) adalah ….
4.       Persamaan garis singgung  melalui titik (5,1) adalah ….
5.       Garis singgung  di (-3,4) menyinggung lingkaran dengan pusat (10,5) dan jari-jari r. Nilai r adalah …


Soal Latihan
1.  Persamaan garis singgung melalui titik (2, 3)
     pada lingkaran x2 + y2 = 13 adalah …
     a. 2x – 3y = 13            d. 3x – 2y = –13
     b. 2x + 3y = –13          e. 3x + 2y = 13
     c. 2x + 3y = 13

2.  Persamaan garis singgung lingkaran
     x2 + y2  – 4x + 2y – 20 = 0 di titik P(5,3) adalah…
     a. 3x – 4y + 27 = 0      d. 3x + 4y – 17 = 0
     b. 3x + 4y – 27 = 0      e. 3x + 4y –7 = 0
     c. 3x + 4y –7 = 0

3.  Persamaan garis singgung lingkaran
     x2 + y2  – 6x + 4y – 12 = 0 di titik P(7, –5) adalah…
     a. 4x – 3y = 43      d. 10x + 3y = 55
     b. 4x + 3y = 23      e. 4x – 5y = 53
     c. 3x – 4y = 41

4. Persamaan garis singgung lingkaran
    x2 + y2  – 4x + 4y + 6 = 0 di titik yang absisnya     3 adalah
    a. x + y + 2 = 0        d. x – y + 2 = 0
    b. x – y – 2 = 0         e. –x + y + 2 = 0
    c. x + y – 2 = 0

5. Salah satu persamaan garis singgung dari titik     (0, 4)   pada lingkaran x2 + y2  = 4 adalah …
    a. y = x + 4               d. y = – 3 x + 4
    b. y = 2x + 4             e. y = – 2 x + 4
    c. y = –x + 4
6. Persamaan garis singgung lingkaran x2 + y2  - 2x - 4y -20 = 0 sejajar garis 4x-3y=6 adalah….
     a. 4y = 3x-20 dan 4y = 3x-30        d. 3y = 4x+9  dan 3y = 4x-23
     b. 4y = 3x+20 dan 4y = 3x+30       e. 3y = 4x+27 dan 3y = 4x-27
     c. 3y = 4x+27 dan 3y = 4x-23