❀Wasiat Rasulullah Mengenai Shalat Tasbih ❀

✿•.❀¸.•❤•.❀.❀❀.•❤•.¸✿

Wasiat  Rasulullah  Mengenai  Shalat  Tasbih

✿.❀¸.•❤•.❀ .❀❀.•❤•.¸✿  

Bismillahirrahmanirrahiim..

Assallamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

*• ♥.*•.¸¸ﷲ¸ ❀ '❀❀♥ ❀ *•.¸¸ﷲ¸ ❀
Sahabat saudaraku fillah yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa Shalat adalah merupakan kunci dari seluruh ibadah dan amal yang lain,dan pertama kali kelak di hisab adalah shalat, bila shalat diterima akan diterima seluruh amalnya, jika shalatnya ditolak akan tertolak seluruh amalnya. Shalat fardhu  yang merupakan  amanat dan kewajiban utama yang terpenting,bagi semua umat Islam  baik laki-laki maupun wanita.

Disamping shalat  wajib, ada beberapa shalat  shalat sunnat yang dianjurkan untuk kita tunaikan,diantaranya shalat sunat rawatib, yang dilakukan sebelum atau sesudah shalat lima waktu. Shalat sunnat  Qiyamul Lail yang ditunaikan pada akhir malam,Shalat sunnat dhuha  yang dilakukan saat waktu dhuha,yaitu ketika saat matahari mulai naik, kira-kira dalam pandangan mata kita satu tombak, atau tujuh hasta sekitar lima belas menit  setelah terbitnya pukul tujuh pagi hingga waktu berakhirnya sekitar lima  menit sebelum shalat fardhu dzuhur pada saat mendeketati tengah-tengah di atas kepala kita,.

Shalat sunnat Istikharah adalah shalat sunnat dua rakaat untuk memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dalam hal menentukan pilihan dari dua perkara yang belum diketahui baik dan buruknya.

Diantara shalat sunat diatas ada shalat sunat yang mungkin sebagian kita, masih jarang mendengarnya, bahkan mungkin belum sempat menunaikannya yaitu Shalat Sunnat Tasbih.Dikalangan para Ulama mengatakan bahwa mengenai  shalat tasbih ini, adalah Mustahabbah (Sunnah).  Melaksanakan segala amal ibadah, ada rujukan dalil yang shahih dan sesuai yang di anjurkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, tentunya apa yang kita kerjakan adalah tepat  bernilai ibadah dan menuai pahala.

Adapun keutamaan dan fadhilah shalat sunnat  tasbih ini,bila kita menunaikannya Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan memberikan ampunan dosa , baik dosa yang pertama maupun yang terakhir,baik yang lama maupun yang besar,dan  dosa-dosa  yang tersembunyi maupun yang nyata kelihatan, adapun tatacara pelaksanaanya terangkum dalam hadist shahih dibawah ini ;

“Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, ia Berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda kepada Abbas Ibnu Abdul Muthalib :”Wahai Abbas, Wahai Paman ! Bukankah Aku telah memberimu?bukankah Aku sudah Menganugerahimu?Bukankah Aku telah Menghadiahimu?Tidakah Aku perbuat padamu sepuluh perkara?Yang bila engkau mengerjakan kesemuanya itu maka Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan memberikan Ampunan akan dosamu.Dosa yang pertama maupun yang terakhir. Yang lama maupun yang besar. Baik yang tersembunyi maupun yang nyata kelihatan. Itulah sepuluh perkara yang kumaksud.

Caranya engkau lakukan Shalat empat rakaat, pada setiap rakaat engkau membaca Al Fatihah dan surat. Manakalah telah selesai membacanya di rakaat pertama, maka ucapkanlah saat kau masih tetap berdiri tegak : SUBHANALLAH,ALHAMDULILLAH, LA ILAHA ILLALLAH dan ALLAHU AKBAR, Sebanyal lima belas kali. Lalu engkau ruku dan Ucapkanlah ia sewaktu engkau masih dalam keadaan ruku ’itu sepuluh kali,Lalu angkatlah kepalamu bangun dari ruku itu sepuluh kali. Setelah itu engkau bergerak sujud dan saat dalam sujud itu, ucapkan pulalah sepuluh kali.

Kemudian sujud lagi dan kau baca sepuluh kali. Setelah itu kamu angkat kepalamu kembali dan bacalah sekali lagi sepuluh kali. Keseluruhan bacaan tersebut sebanyak tujuh puluh lima dalam setiap rakaat. Hal serupa itu kau lakukan dalam empat rakaat.

Kalau engkau mampu melakukan shalat tasbih tersebut setiap hari sekali,lakukanlah!,jika tidak bisa, setiap hari jumat sekali,Bila ternyata tidak mampu, lakukanlah sebulan sekali. Dan sekiranya masih tak mampu, Tunaikanlah setahun sekali saja. Kalau hal tersebut masih juga tidak bisa, Tunaikanlah sekali seumur hidup!”

(HR. Abu Dawud,Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya)

Shalat sunat Tasbih dikerjakan dalam empat rakaat, jika ditunaikan pada siang hari maka empat rakaat dengan sekali salam,jika ditunaikan  pada malam hari  empat rakaat diperbolehkan dengan dua kali salam, dan   shalat sunnat Tasbih ini yang didalamnya  dibacakan kalimat Tasbih sebanyak 300 (tiga ratus) kali,

♥1.Setelah membaca surat  Al fatihah dan surat pendek saat berdiri
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  15  kali )

♥2  Setelah Tasbih Ruku’ (Bacaan  ruku )
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

♥3  Setelah I’tidal
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

♥4  Setelah tasbih sujud pertama (Bacaan Sujud)
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

♥5  Setelah duduk diantara dua sujud
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

♥6  Setelah tasbih sujud kedua
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

♥7  Setelah duduk istirahat sebelum berdiri (atau sebelum salam tergantung pada raka’at keberapa)
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

Jumlah total satu raka’at  (75 kali), Jumlah total empat raka’at  = 4 X (75 kali)

= 300 kali

Sahabat-saudaraku fillah yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala,demikian semoga manfaat  buat kita semua,’ Yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,yang kurang dan khilaf mohon sangat  dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq  Watawa saubil shabr “.Semoga  Allah Subhanahu wa ta’ala . senantiasa menunjukkan kita pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-Nya..Aamiin Allahum Aamiin.

❀.•❤•Walhamdulillah Rabbil’alamin •❤•.❀

❀❀Ukhti,,Akhi.. Sahabat  Ukhuwah fillah ALL ❀❀.

Silakan di Tag/Share….Semua untuk Umat dan Syiar Islam, Silakan saling bantu Tag sahabat-sahabat yang lain, Follow Twitter, Kunjungi Blog dan Page kami dan klik ''Like/Suka'' untuk Bergabung. ❀ Jazzakumullahu khayran wa Barakallahu fiikum. ❀